Home Restaurant Bar & Club Hotel Spa & Beauty Gym Shopping Phone Directory News Event Promotion Gallery Theater Movie Finance Recipe Traffic Tender Indonesia Metro TV Info Kost
Tender Indonesia
Kemenpera bangun rusunawa di Balikpapan
Friday, 17 June 2011
Kemenpera bangun rusunawa di Balikpapan
(Infrastructure)
Pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) masih menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah.  Yang terbaru,  kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) bakal membangun 400 unit rusunawa di Balikpapan Kalimantan Timur pada semester II tahun ini.  Setiap rumah bakal dijual mulai harga Rp 70 juta- Rp 80 juta.      

Menurut Pangihutan Marpaung,  Deputi Perumahan Formal Kemenpera,  rusunawa itu khusus untuk tempat tinggal TNI aktif di Kodam VI Mulawarman yang berlokasi di dekat Bandar Udara Sepingan,  Balikpapan.   Pembangunan akan memakan lahan seluas 3.000 meter persegi.   Rumah susun akan dibangun dengan tipe paling kecil 36.   "Ini komitmen kami dengan sejumlah pengembang dan Kementerian Pertahanan awal tahun lalu," kata Pangihutan.     

Penjualan rumah itu menggunakan sistem kredit pemilikan rumah (KPR).  Menurut Bernaldy,  Kepala Bidang Rumah Susun Sederhana Kemenpera,  pembangunan proyek itu segera dimulai.   Pihak pengembang berasal dari internal Kemenpera.   "Saat ini,  lahan sudah didesain," kata Bernaldy.    

Bahkan,  bila dalam waktu dekat sudah ada yang mengajukan KPR,  pembangunan bisa dimulai.  Memang,  Kemenpera akan membangun rusunawa itu secara bertahap,  agar tidak memberatkan anggaran.     

Bernaldy menambahkan,  sejak 2005 Kemenpera sudah membangun 187 blok rusunawa di seluruh Indonesia.   Setiap blok berlantai lima yang terdiri dari 96 unit.   Selain di Balikpapan,  Kemenpera juga berencana membangun rusunawa di Nunukan dan Samarinda,  Kalimantan Timur.     

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.    
Sumber: tender-indonesia.com
Back to Tender Indonesia Index
Go to Desktop Version
back to top