Home Restaurant Bar & Club Hotel Spa & Beauty Gym Shopping Phone Directory News Event Promotion Gallery Theater Movie Finance Recipe Traffic Tender Indonesia Metro TV Info Kost
Tender Indonesia
Proyek listrik pedesaan PLN raup dana APBN Rp 2,54 Triliun
Monday, 21 May 2012
Proyek listrik pedesaan PLN raup dana APBN Rp 2,54 Triliun
(Electricity)
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) siap membelanjakan dana APBN sebesar Rp 2,54 triliun untuk merealisasikan program listrik pedesaan tahun ini dengan target rasio elektrifikasi meningkat jadi 75,3%.   

Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang mengatakan semula dana yang diusulkan PLN tahun ini  sekitar Rp 5-6 triliun.   

"PLN yang usulkan,  kemudian itu dibahas di ESDM dan Keuangan,  dan diproses di DPR.  Yang punya uang kan pemerintah,  pemerintah juga punya skala prioritas,  jadi kemudian dievaluasi,  ada adjustment-adjustment," ujarnya.    

Pada 2010, dana APBN untuk lisdes hanya Rp 571 miliar kemudian naik hampir enam kali lipat pada 2011 menjadi Rp 2,93 triliun,  namun turun pada 2012 menjadi Rp 2,54 triliun.  

Secara total,  pada 2012 dana APBN untuk PLN sebesar Rp 9,2 triliun,  terdiri dari lisdes Rp 2,54 triliun dan Rp 6,7 triliun untuk pembangkit dan jaringan.   

"Dana untuk ketenagalistrikan bukan hanya dari APBN,  tapi juga dari APLN dan loan.  Dana dari APBN hanya sekitar 15% dari rencana tahun ini Rp 67 triliun," ujarnya.   

Dana lisdes sebesar Rp 2,54 triliun itu akan digunakan untuk menarik jaringan 20 kv ke desa-desa yang masih belum dilistriki serta untuk mengembangkan energi setempat.   

Misalnya,  PLN akan membangun pembangkit tenaga surya (PLTS) skala kecil,  khususnya di desa-desa yang sangat terpencil.  

"Dana lisdes juga untuk pembuatan gardu-gardu distribusi,  tegangannya dari 20 kv turun ke 220 volt.  Dari situ nyambung ke rumah-rumah," ujarnya.   

Pada 2010 dan 2011 program lisdes menjangkau 28 provinsi,  mulai dari Aceh hingga Papua.  Pada 2012,  meluas ke 31 provinsi seiring dengan pemekaran wilayah di Indonesia.  

Tahun ini,  dana sebesar Rp 2,54 triliun akan difokuskan untuk melistriki 83.478 Rumah Tangga Sasaran (RTS).  

"Ada sekitar 83.000 RTS yang akan diberikan listrik murah dan hemat tahun ini," ujarnya.   

Untuk mendapatkan info detail ratusan proyek setiap hari, anda dapat mendaftar menjadi member (PREMIUM dan GOLD).  
Sumber: tender-indonesia.com
Back to Tender Indonesia Index
Go to Desktop Version
back to top