Home Restaurant Bar & Club Hotel Spa & Beauty Gym Shopping Phone Directory News Event Promotion Gallery Theater Movie Finance Recipe Traffic Tender Indonesia Metro TV Info Kost
Tender Indonesia
CNG terbesar resmi dioperasikan
Saturday, 15 June 2013
CNG terbesar resmi dioperasikan
(Electricity)
PT PLN (Persero) resmi mengoperasikan penampungan gas alam terkompresi (compressed natural gas/CNG) di pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Grati,  Pasuruan,  Jawa Timur.  CNG plant ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia dengan kapasitas 15 juta standar kaki kubik per hari (MMSCED).  Juga memiiiki kemampuan menyalurkan gas untuk tiga unit gas turbin dengan total kapasitas 300 megawatt (MW) selama 4-5 jam dalam satu hari saat beban puncak.  

PLTGU Grati yang dikelola anak perusahaan PLN,  PT Indonesia Power,  terdiri atas dua blok yang saat ini mendapatkan suplai gas sebesar 90 billion British thermal unit per day (BBTUD) dari Santos melalui sumur Oyong dan Wortel.   

Suplai gas ini sanggup memasok tiga gas turbin (combined cycle) blok satu masing-masing sebesar 100 MW.  Sedangkan blok dua (open cycle) berfungsi sebagai pemikul beban puncak (peaker) menggunakan bahan bakar HSD.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan,  dengan adanya CNG plant,  maka Indonesia Power akan bisa mengoperasikan blok dua sebagai pemikul beban puncak tanpa menggunakan bahan bakar minyak (BBM).  Biaya pokok produksi listrik menggunakan BBM sekitar Rp 2.800 per per kilowatt hour (kWh),  sementara jika menggunakan CNG,  BPP-nya hanya sekitar Rp 1.000 per kWh.  

"Dengan produksi listrik PLTGU Grati blok dua selama 4-5 jam per hari yang berkisar 1.200-1.500 MWh,  maka potensi penghematan akibat pengurangan BBM ini sekitar Rp 1 triliun per-tahun," kata Nur.  

Desain PLTGU Grati utamanya adalah menggunakan bahan bakar gas.  Penggunaan gas untuk mesin pembangkit akan memperpanjang jarak antarmasa pemeliharaan.  Selain itu,  mesin relatif lebih awet jika menggunakan bahan bakar gas,  jika dibandingkan terpaksa harus membakar BBM.  "Sehingga biaya pemeliharaan mesin pun akan berkurang," jelasnya.  

Manfaat lain dari CNG ini,  sambung Nur,  kontrak pasokan gas lazimnya adalah take or pay (di pakai atau tidak dipakai tetap harus bayar).  Terkait dengan kebutuhan sistem ketenagalistrikan,  ada masa-masa dalam satu hari di mana pembangkit tidak beroperasi karena kebutuhan listrik tidak terlalu tinggi,  yang akibatnya gas itu tidak dipakai.  

Dirut Indonesia Power Djoko Hastowo mengatakan,  pembangunan CNG plant PLTGU Grati dikerjakan oleh PT Enviroment Technology International (ETI) dengan investasi sekitar USD 45 juta Dalam perjanjiannya IP berkewajiban membayar biaya yang dihitung berdasarkan volume gas per mmbtu kepada pihak ETI.  

Untuk mendapatkan info detail ratusan proyek setiap hari,  anda dapat mendaftar menjadi member (PREMIUM dan GOLD). 
Sumber: tender-indonesia.com
Back to Tender Indonesia Index
Go to Desktop Version
back to top